Universitas Widya Gama Widya Gama Mahakam University

UWGM adakan sosialisasi publikasi dan SINTA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda menyelenggarakan sosialisasi publikasi dan SINTA pada Selasa, 9 Juli 2019 di Ruang Serbaguna UWGM. Acara dibuka langsung oleh Rektor UWGM Samarinda Dr. Ali Mushofa, M.M serta di damping oleh Wakil Rektor M. Astri Yulidas Abbas, S.E., M.M dan Ketua LPPM Hj. Purwati, SP., MP. Acara yang berlangsung selama satu hari tersebut dihadiri oleh seluruh dosen tetap UWGM samarinda.

Rektor UWGM dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap dosen wajib untuk melaksanakan Tri dharma perguruan tinggi. Hal ini berguna untuk menunjang karir dosen tersebut.

Narasumber yaitu Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang juga sebagai verifikator SINTA UWGM Samarinda Arbain, S.Pd., M.Pd mengatakan kegiatan ini terselenggara untuk penguatan publikasi serta informasi terkini terkait dengan publikasi tersebut. Dalam pemaparan pertamanya, pemateri menyampaikan kondisi terkini terkait dengan publikasi yang ada di UWGM yang meliputi peringkat institusi yang ada di SINTA, jumlah jurnal yang ada di UWGM serta jumlah dosen yang telah terdaftar pada SINTA. Selanjutnya pada bagian kedua, Arbain, S.Pd., M.Pd menyampaikan peringkat dosen, peringkat prodi serta daftar buku yang telah di upload pada website SINTA Ristekdikti. Di akhir acara, pemateri menyampaikan terkait dengan pentingnya penggunaan aplikasi cek plagiasi dalam sebuah karya ilmiah, hal ini dilakukan untuk menghindari kesamaan tulisan kita dengan tulisan yang ada di internet. Pemateri juga menyampaikan pentingnya untuk mengupdate Google Scholar bagi setiap dosen , pendaftaran ORCID sebagai identitas peneliti, penggunaan Researgate sebagai social media peneliti serta pentingnya artikel kita dikutip oleh orang lain.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi seluruh dosen UWGM untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah nya. (ABN)