Universitas Widya Gama Widya Gama Mahakam University

Pelatihan Protokol : Universitas hadirkan Hj. Syarifah sebagai Narasumber

Ruang Serba Guna UWGM bersama dengan Ibu Hj. Syarifah Alawiyah, S.Sos., M.Si (Kepala Bagian Protokol Biro Hubungan Masyarakat Kaltim) sebagai narasaumber melaksanakan pelatihan protokol bagi mahasiswa dan civitas akademika.

Pelaksanakan yang diselenggarakan dari pagi pukul 8 sampai siang hari itu disambut oleh ibu Hj. Wahyuni Safitri, SH., M.Hum (Wakil Rektor), “Dengan adanya pelatihan ini mudahan kita dapat memahami teknik keprotokolan dalam berbagai acara” Sambutnya. Selain untuk menambah kemampuan softskill di lingkungan UWGM, akan tetapi juga menambah pengetahuan dalam teknik-teknik keprotokolan yang baik. Protokol adalah serangkaian kegiatan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi, baik mulai dari tata tempat, tata upacara sampai kepada tata penghormatan, ujar narasumber mengawali materinya dengan ditemani oleh Ibu Shorea Helminasari, S.IP, M.A selaku Moderator.

Contohnya pada tata tempat, itu ada rumus-rumusnya, ada urutan-urutannya serta prioritas urutannya. Bagaimana mengatur tata urutan tempat duduk dari sisi ke sisi. Narasumber kemudian  menjelaskan pengaturan tersebut dengan memberikan contoh serta memperagakan cara-cara mengatur tempat duduk yang benar dan tepat langsung bersama para sukarelawan dari para peserta yang hadir.

Penyusunan layout pun ada tata urutannya, dimana meletakkan garuda dalam ruangan, posisi foto-foto para pejabat Negara, arus lalu lintas, podium, dekorasi dan microfon juga termasuk. Lalu bagaimana dengan tata upacara, upacara ada macamnya seperti upacara bendera, upacara pelantikan serta upacara penyambutan. Sedangkan pada tata penghormatan dimana aturan-aturan dalam penghormatan juga meliputi pemberian perlindungan, ketertiban dan keamanan menjalankan tugas. Macam pengormatan seperti pemberian tempat, penghormatan dengan Bendera Kebangsaan, Penghormatan Jenazah dan saat pemberian bantuan sarana yang diperlukan untuk melaksanakan acara.

Narasumber memberikan contoh bagaimana cara berbicara sebagai MC pada berbagai acararesmi maupun tidak resmi. Cara pengucapan, intonasi serta tinggi/rendah suara. MC juga harus memperhatikan pakaian, sikap tubuh, pandangan serta mimik wajah dan gerakan tangan. Pada dasarnya dari semua itu adalah membiasakan diri dan giat berlatih. (HN)