Universitas Widya Gama Widya Gama Mahakam University

PELATIHAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK

 

Selama 3 hari dari tanggal 2 - 4 Mei 2018 bertempat di Gedung Serba Guna. UWGM bekerjasama dengan PT. Gamatechno, Tbk mengadakan pelatihan penggunaan SIAKAD bagi para operator mulai dari pagi sampai dengan sore hari.

Pada hari pertama diberikan latihan mengenai PMB Online, gtPembayaran & Registrasi bagi operator administrasi universitas dan akademik. Operator dilatih bagaimana memproses pengelolaan pendaftar universitas, proses penerimaan mahasiswa baru, serta registrasi mahasiswa sehingga proses dapat dilaksanakan dengan lebih lancar dan transparan. Untuk kebutuhan internal, SI Registrasi dapat menyediakan  data-data yang bisa dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan. Hasil akhir dari sistem ini adalah terwujudnya sistem yang terintegrasi dengan sistem lain yaitu SI Pembayaran dan SI Akademik, sehingga proses pengelolaan data-data yang terkait dengan kemahasiswaan mulai dari data pembayaran mahasiswa, data registrasi dan data akademik dapat berjalan dengan lebih efisien.

Pada hari kedua dan ketiga Pelatihan SI Akademik dan Portal Akademik bagi operator masing-masing program studi. Pengguna Portal Akademik ini terdiri dari 3 jenis yaitu :

1. Administrator

2. Mahasiswa

3. Dosen

Operator program studi diberikan pelatihan tentang cara pengisian terkait Informasi Akademik, Kegiatan Mahasiswa, dan Seputar Heregistrasi temasuk gtFeeder yang akan diintegrasikan datanya dari gtAkademik ke PDDIKTI feeder, sehingga pelaporan data ke PDDIKTI feeder dapat dilakukan lebih mudah. kemudian pengelolaan data-data akademik mahasiswa dimulai dari awal semester perkuliahannya hingga mahasiswa dinyatakan lulus. Setiap proses memiliki keterkaitan dengan proses sebelumnya, sehingga diperlukan pengisian data secara runtut agar dapat menghasilkan laporan data yang akurat.

Universitas Widyagama Mahakam Samarinda Tahun 2018, diharapkan mampu memberikan solusi terbaik dalam proses pengelolaan Akademika di lingkungan Universitas Widyagama jauh lebih mudah, dan cepat dalam melayani mahasiswa.