Universitas Widya Gama Widya Gama Mahakam University

Alumni, Pusat Karir dan Tracer Study

Latar belakang

Ketersediaan Sumber Daya Manusia atau SDM yang berkualitas saat ini merupakan satu persoalan penting dan mendesak. Rendahnya kualitas SDM merupakan salah satu faktor signifikan rendahnya keunggulan bangsa Indonesia di dunia internasional. Di indonesia, Perguruan Tinggi (PT) merupakan institusi penghasil SDM yang Kompeten pada berbagai bidang Ilmu. PT juga diharapkan dapat mengisi kebutuhan dunia kerja dengan standar Mutu yang Optimal. Oleh karena menyiapkan kondisi yang mendekatkan antara PT dengan dunia kerja merupakan sebuah proses penting yang harus diciptakan dengan sebaik-baiknya sejak awal. Saat ini tuntutan dari KEMENRISTEKDIKTI setiap PT wajib memiliki lembaga yang mengurus tersendiri Hal itu, Bahkan menjadi Persyaratan dalam Akreditasi Borang PT.

Mengacu pada permasalahan di atas, Universitas Widya Gama Mahakam berdasarkan SK Rektor Nomor: 021/UWGM-KP/III/2017 yang di tanda tangani pada tanggal 30 Maret 2017 Membentuk Pusat Karir Universitas Widya Gama Mahakam sebagai Wadah pengembangan SDM untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai. Pusat Karir UWGM bertujuan menjadi mediator/perantara antara pencari kerja dengan Perusahaan/Instansi/Institusi yang sedang membutuhkan tenaga kerja.

Akan tetapi tidak dapat di pungkiri bahwa masih perlu banyak pembenahan dalam mempersiapkan Pusat Karir UWGM yang masih sangat muda akan tetapi pengelola berkomitmen bahwa akan terus mempersiapkan dan berusaha seoptimal mungkin dalam menjalankan Pusat Karir UWGM sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya dan hal ini butuh dukungan dari seluruh pihak  karena hal ini merupakan bukan proyek Unit Pelaksana tapi tugas PT sehingga membutuhkan dukungan secara Vertikal dan Horisontal.

Salah satu komitmen Pimpinan Univeristas Widya Gama Mahakam Samarinda dengan mengikutsertakan Pengelola Pusat Karir UWGM dalam pelaksanaan Pelatihan Pengembangan Pusat Karir di Universitas Indonesia.

Tujuan Khusus Pelatihan ini :

  1. Mengenalkan Kegiatan Pusat Karir pada Perguruan Tinggi di Indonesia
  2. Sosialisasi Kegiatan yang dilakukan oleh Pusat Karir
  3. Meningkatkan Komitmen dari Perguruan Tinggi di Indonesia untuk pnyelenggaraan pusat karir

Peserta Kegiatan :

10 Perguruan tinggi Indonesia, antara lain :

  1. Universutas Widya Gama Mahakam Samarinda
  2. Universitas Budi Luhur
  3. Institut Teknologi Padang
  4. Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  5. Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar
  6. STKIP Melawi
  7. STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  8. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  9. Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  10. Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Waktu dan Tempat :

Hari, Tanggal : Selasa s/d Jum'at, 26 - 29 September 2017

Waktu : Pukul 08.30 s/d 17.00 WIB

Tempat : Gedung CDC-UI, Komplek Pusgiwa, Kampus UI, Depok 16424

Pelatihan Pengembangan Pusat Karir Perguruan Tinggi ini :

  1. Dimulai sejak tahun 2012
  2. Sudah dilaksanakan 24 Batch, dan di ikuti 328 Peserta/197 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.